Mengenal Lebih Dekat Daihatsu Ayla Turbo yang Punya Tenaga 200 PS

Tangerang – Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dimanfaatkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk meluncurkan mobil konsep Ayla Turbo. Disebut konsep karena mobil ini belum dipasarkan secara resmi, jadi hanya sebatas perkenalan saja.
“Jadi sebenarnya kali ini kami bikin Ayla Turbo yang pertama. Kita itu Research and Development (RnD) mau menunjukkan sisi yang lain dari RnD. Kami melakukan study sekaligus mengalami kepengen tahu susahnya bikin mobil balap. Jadi seblum memasukan big power itu (turbo) apa yang harus kami pikirkan,jadi banyak analisa yang kita lakukan,” ujar Chief Designer ADM sekaligus perancang Ayla, Mark Yoshua Widjaja, kepada Carmudi, Rabu (8/8) di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang.


Daihatsu Ayla Turbo (Foto: Santo/Carmudi)

Pemilihan model Ayla untuk dimodifikasi bergaya racing dan ditambah turbo bukan tanpa alasan, Mark menganggap bahwa mobil perkotaan itu selalu indentik dengan kendaraan yang hanya dipakai untuk harian saja padahal mobil ini bisa dimodifikasi bergaya apapun termasuk racing.
“Kita menganggap Ayla ini sangat menarik karena selama ini Ayla diangap hanya LCGC yang enggak bisa di apa-apakan. Orang juga bilang, Ayla mobil feminim yang hanya digunakan untuk ibu-ibu ke pasar atau mengantar anaknya ke sekolah. Dulu saya Pernah katakan Ayla ini desainya netral enggak kemana-mana basic desain-nya karena saya desainernya, jadi ini cantik. Karena basic mobil ini mudah di arahkan kemana-mana kali ini di transformasi ke gaya balap,” terang Mark.


Interior Daihatsu Ayla Turbo (Foto: Santo/Carmudi)

Sejak pertama diperlihatkan ke publik, Mark mengaku ada banyak pengunjung GIIAS yang terpesona dengan tampang baru Ayla ini. “Jadi konsumen yang datang ada yang berkata ini bukan ayla. Mereka merasa ini (Ayla Turbo) sesuatu yang baru, nah ini kita senang karena tujuan kita tercapai,” papar Mark.

Bertenaga 200 PS

Perbedaan utama dibanding Ayla standar terletak pada komponen turbo yang terpasang dimesin. Dalam keadaan standar pabrikan, Daihatsu Ayla dibekali mesin 3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 108 pada 4.200 rpm.


Ducktail Daihatsu Ayla Turbo (Foto: Santo/Carmudi)

Ketika Daihatsu Ayla dipasangi komponen turbo serta aksesori lainnya di mesin maka berdasarkan hasil test dyno yang dilakukan oleh perusahaan, tenaga mesin mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Daihatsu Ayla turbo memiliki tenaga sekuat 200 PS dan torsi 242 Nm.
Selain turbo faktor lain yang membuat mobil bergaya racing ini semakin kencang adalah beratnya sudah berkurang. Beberapa aksesori mobil di lepas terutama dibagian interior, hal itu untuk menguatkan konsep racing sekaligus mengurangi berat mobil.
“Kita buang yang tidak perlu tapi maksimalkan membuat mobil ini menjadi dramatis jadi kita mau konsep kita jelas. Jadi ini mobil balap tidak ada audio di dalamnya AC pun kita copot, bahkan kisi-kisi AC kita copot. Sisanya juga beberapa part yang menempel di sana (Ayla Turbo) dilepas semuanya. Sehingga dekat dengan race walaupun bukan mobil yang akan turun di arena balap,” ungkap Mark.
Bagian eksterior Ayla Turbo juga mengalami beberapa rombakan terutama pada bumper depan. Bumper asli Ayla dilepas lalu di ganti dengan desain baru. Bagian samping mobil bertuliskan “Ayla Turbo”. Inspirasi penulisan identitas di samping body mobil diambil dari Daihatsu Charade Detomaso.


Velg Daihatsu Ayla Turbo (Foto: Santo/Carmudi)

“Desain bumper diganti, kenapa bumpernya diganti ada alasannya karena dengan bumper yang skarang kita enggak bisa pasang intercooler jadi kita harus ganti. Kalau hanya ganti kan sayang jadi kita desain ulang. Kemudian yang di kiri dan kanan ada air duck itu nanti berfungsi untuk mendinginkan rem,” jelas dia.
Walaupun antusias pengunjung melihat Ayla Turbo cukup tinggi, namun pihak Daihatsu belum terpikir untuk memproduksinya dan memasarkan secara umum.
“Mungkin harus melakukan riset mendalam, tapi hingga hari ini saya memastikan belum ada rencana ke sana (produksi) karena kalau animonya besar enggak mungkin enggak diproduksi sama Daihatsu. Jadi untuk sementara waktu belum ada planning ke sana (produksi),” pungkas Mark.(dol)


Dashboard Daihatsu Ayla Turbo (Foto: Santo/Carmudi)
#dacipurwasuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages